SOP PPID KABUPATEN TANGGAMUS

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

PELAYANAN INFORMASI PUBLIK MELALUI

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID)

PEMERINTAH KABUPATEN TANGGAMUS

  1. JENIS PELAYANAN INFORMASI YANG DILAKSANAKAN OLEH PPID
  2. Pelayanan Informasi Yang Wajib Disediakan
  3. Informasi wajib disediakan di pada website Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.
  4. Informasi disediakan dalam bentuk file pada PC/Notebook di Sekretariat PPID, yang dapat diberikan kepada pemohon informasi bila diminta.
  5. Pelayanan Informasi Yang Wajib Disediakan Secara Berkala
  6. Informasi wajib disediakan pada subdomain website Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.
  7. Informasi diumumkan melalui media massa dan atau media luar ruang.
  8. Informasi disediakan dalam bentuk file pada PC/Notebook di Sekretariat PPID, yang dapat diberikan kepada pemohon informasi bila diminta.
  9. Pelayanan Informasi Yang Wajib Disediakan Secara Serta Merta
  10. Informasi wajib disediakan pada subdomain website Pemerintah Kabupaten Tanggamus, yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.
  11. Informasi diumumkan melalui media massa dan atau media luar ruang.
  12. Informasi disediakan dalam bentuk file pada PC/Notebook di Sekretariat PPID, yang dapat diberikan kepada pemohon informasi bila diminta.

  1. TATA CARA PELAYANAN INFORMASI MELALUI DESK PPID
  2. Pemohon mengisi formulir permohonan informasi, yang disediakan oleh petugas atau membuat surat permohonan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  3. Pemohon informasi menyerahkan fotocopy KTP sebanyak 2 lembar, serta menunjukkan aslinya kepada petugas Desk PPID.
  4. Formulir permohonan berisi, antara lain :
  5. Nama pemohon informasi
  6. Identitas pemohon informasi
  7. Alamat dan nomor telepon pemohon informasi
  8. Jenis informasi yang diminta
  9. SKPD pemilik informasi
  10. Tahun informasi
  11. Tujuan pemanfaatan informasi
  12. Petugas Desk PPID melakukan pencatatan atas permohonan informasi.
  13. Petugas Desk PPID menyampaikan permohonan informasi kepada PPID melalui Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi PPID (BPPI)
  14. BPPI memverifikasi apakah informasi yang dimohon merupakan informasi yang dapat diberkan atau informasi yang dikecualikan.
  15. BPPI menyampaikan telaahan kepada PPID terkait jenis informasi yang diminta.
  16. Dalam hal informasi yang dimohon merupakan informasi yang wajib disediakan, maka :
    1. PPID memberikan keputusan bahwa informasi dapat diberikan kepada pemohon informasi.
    2. PPID memerintahkan BPPI untuk menyiapkan informasi yang diminta sekaligus memberikannya kepada pemohon informasi.
  17. BPPI memerintahkan staf Sekretariat PPID untuk menghitung biaya dan waktu yang diperlukan untuk mencetak/mengcopy dokumen informasi yang dimohon, sesuai dengan standar biaya yang ditetapkan oleh PPID.
  18. Staf Sekretariat PPID memberikan laporan tentang biaya dan waktu yang diperlukan untuk mencetak/mengcopy dokumen informasi yang dimohon kepada BPPI.
  19. BPPI memerintahkan Petugas Desk menyampaikan kepada pemohon informasi, bahwa informasi yang dimohon dapat diberikan, berikut besaran biaya dan waktu yang diperlukan untuk mencetak/mengcopy dokumen informasi yang dimohon.
  20. Jika pemohon informasi setuju, maka ;
    1. Pemohon informasi membayar jumlah biaya yang diperlukan.
    2. Petugas Desk memberikan kuitansi dan bukti pengambilan dokumen informasi.
    3. Jika informasi yang dimohon dapat diberikan pada hari itu juga, maka pemohon informasi dipersilahkan untuk menunggu di ruang tunggu PPID sambil menunggu proses pengcopyan informasi yang dimohon.
    4. Jika informasi yang dimohon tidak dapat diberikan pada hari itu juga, maka hal itu disampaikan kepada pemohon informasi dan dituliskan pada tanda bukti pengambilan dokumen informasi tentang waktu pengambilan dokumen, serta mengarahkan pemohon informasi untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu via telepon petugas Desk PPID sebelum datang mengambil informasi ke Desk PPID. Atau
    5. Jika informasi yang dimohon tidak dapat diberikan pada hari itu juga, maka informasi yang diminta dapat juga dikirimkan melalui pos, dengan membayar biaya tambahan untuk pos.
    6. Dalam hal informasi dapat diberikan saat itu juga, maka setelah dokumen informasi yang dimohon selesai, Petugas Desk PPID memanggil pemohon informasi untuk menerima dokumen informasi yang dimohon.
    7. Pemohon informasi mendatangi Petugas Desk dengan menyerahkan bukti pengambilan dokumen informasi dan menanda tangani bukti tanda terima dokumen informasi.
    8. Petugas Desk menyerahkan copy dokumen informasi kepada pemohon informasi.
  21. Dalam hal informasi yang dimohon merupakan informasi selain yang wajib disediakan, maka PPID menyampaikan pertimbangan kepada Tim Pertimbangan PPID apakah informasi yang dimohon dapat diberikan sebagian dan/atau ditolak.
  22. Petugas Desk PPID menyampaikan kepada pemohon informasi, bahwa permohonan informasi yang bersangkutan tidak dapat dilayani saat itu, karena harus melalui pertimbangan dari Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi. Dengan tenggang waktu paling lambat 7 hari kerja.
  23. Petugas Desk PPID memberikan tanda bukti permohonan informasi kepada pemohon informasi, serta menerangkan bahwa PPID akan memberikan penjelasan melalui surat/telepon/email kepada pemohon informasi, terkait permohonan informasi yang dimohon dalam tenggang waktu yang ditentukan.
  24. PPID menyampaikan permohonan pertimbangan pelayanan informasi kepada Tim Pertimbangan PPID atas permohonan informasi sebagaimana dimaksud poin ke.9, apakah apakah informasi yang dimohon, dapat diberikan, diberikan sebagian atau ditolak.
  25. Tim Pertimbangan Pelayanan Informasi melakukan pertimbangan atas permohonan informasi dimaksud.
  26. Tim pertimbangan Pelayanan Informasi menjawab permohonan pertimbangan pelayanan informasi dari PPID, terkait apakah apakah informasi yang dimohon, dapat diberikan/diberikan sebagian atau bahkan ditolak, yang dibuktikan dengan berita acara.
  27. PPID membuat Surat Keputusan, terkait permohonan informasi sebagaimana dimaksud poin ke.9. dan meneruskannya kepada BPPI.
  28. BPPI menyerahkan pemberitahuan sebagaiman poin 19, secara tertulis kepada Petugas Desk PPID.
  29. Petugas Desk memberitahukan kepada Pemohon Informasi, melalui surat/telepon/email atas keputusan PPID terkait permohonan informasi yang diajukan Pemohon Informasi.
  30. Bilamana pemohon informasi menerima keputusan PPID bahwa informasi yang dapat diberikan hanya sebagian. Maka mekanisme pelayanan informasi dapat dilayani sebagaimana poin ke.8.
  31. Bilamana pemohon informasi menerima keputusan PPID bahwa informasi yang dimohon, ditolak sepenuhnya. Maka pemohon informasi dapat menyatakannya kedalam berita acara penerimaan keputusan PPID.
  32. Bilamana pemohon informasi menolak keputusan PPID bahwa informasi yang dimohon ditolak sepenuhnya. Maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada PPID Pemerintah Kabupaten Tanggamus.
  33. Tata cara pengajuan keberatan kepada PPID Pemerintah Kabupaten Tanggamus, diatur lebih lanjut.
  34. PPID juga dapat memperpanjang pemberian salinan informasi selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja, apabila:
  35. PPID belum menguasai atau mendokumentasikan informasi yang dimohon.
  36. PPID belum dapat memutuskan apakah informasi yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan atau tidak.

III. TATA CARA MENGAJUKAN KEBERATAN

  1. Alasan pengajuan keberatan:
    i. penolakan atas permohonan Informasi Publik dengan alasan pengecualian/ informasi rahasia;
    ii. tidak disediakannya informasi berkala;
    iii. tidak ditanggapinya permohonan Informasi Publik;
    iv. permohonan Informasi Publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
    v. tidak dipenuhinya permohonan Informasi Publik;
    vi. pengenaan biaya yang tidak wajar;
    vii. penyampaian Informasi Publik yang melebihi waktu yang diatur.
  2. Pengajuan keberatan dilakukan dengan cara mengisi formulir yang disediakan oleh petugas atau membuat surat tertulis.
  3. Keberatan karena alasan sebagaimana dimaksud pada huruf (a) angka i ditujukan kepada Sekretaris Daerah, melalui PPID dengan alamat :

Kepada Yth;
Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus
Cq. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika,

selaku PPID Pemerintah Kabupaten Tanggamus
Jalan Ir. Hi. Djuanda. KM.90. Jalinbar Sumatera. Kota Agung. Tanggamus.

  1. Surat keberatan memuat informasi tentang:
    nomor pendaftaran permohonan Informasi Publik;
    ii. tujuan penggunaan Informasi Publik;
    iii. identitas lengkap Pemohon Informasi Publik yang mengajukan keberatan;
  2. alasan pengajuan keberatan;
    v. kasus posisi permohonan Informasi Publik;
    vi. tuntutan keberatan yang dimohonkan;
    vii. nama dan tanda tangan Pemohon atau kuasanya;
  3. Tata Cara Pengelolaan keberatan
  4. a) Petugas yang menerima formulir permohonan keberatan atau surat permohonan keberatan memberikan tanda terima berupa formulir keberatan (asli).
  5. b) Dalam hal permohonan diajukan melalui surat, petugas menuangkan dalam formulir dan memberikan formulir (asli) sebagai tanda terima yang diberikan selambat-lambatnya bersamaan dengan pengiriman surat tanggapan atas keberatan.
  6. c) Petugas menyimpan salinan tanda terima sebagaimana dimaksud pada huruf (a) dan huruf (b) sebagai berkas kelengkapan register keberatan.
  7. d) Petugas meregister keberatan pada saat permohonan diterima dan memberikan berkas kelengkapan register keberatan (formulir dan/atau surat keberatan) kepada PPID pada hari diterimanya keberatan.
  8. e) PPID meneruskan berkas kelengkapan register keberatan (formulir dan/atau surat keberatan) kepada Atasan PPID yang berwenang pada hari diterimanya keberatan.
  9. f) Atasan PPID yang bersangkutan menjawab keberatan yang telah diajukan selambat-lambatnya 30 (tigapuluh) hari kerja sejak keberatan diterima oleh petugas
  10. g) Jangka waktu pelaksanaan keputusan Atasan PPID dihitung termasuk (tidak melebihi) 30 (tigapuluh) hari kerja sebagaimana pada huruf (f)

  1. DESK INFORMASI
  2. Desk Informasi PPID Pemkab Tanggamus berada pada :

Kantor Dinas Kominfo

Kabupaten Tanggamus.

Komplek Perkantoran Pemkab. Tanggamus

Jl. Jendral Suprapto No. 1b

TELP. : 0722 - 7220012

Kota Agung, Tanggamus

  1. Waktu Pelayanan Informasi :

Waktu Pelayanan Informasi pada Desk PPID Pemkab Tanggamus adalah :

Hari : Senin s/d Jumat (hari kerja)

Waktu Pelayanan : Pk.09.00 WIB s/d 15.00 WIB

Waktu Istirahat : Pk. 12.00 WIB s/d 13.00 WIB

  1. Saran dan Masukan

Saran dan masukan dapat disampaikan kepada PPID Pemkab Tanggamus, baik melalui surat, fax atau email kepada:


Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika,

selaku PPID Pemerintah Kabupaten Tanggamus
Jl.Jendral Suprapto No.1B Kota Agung. Tanggamus.
Fax : 0722-7220012 Email : [email protected]

Catatan :

Standar Operasional Prosedur (SOP) ini dipergunakan untuk pemohon informasi yang memohon informasi secara langsung ke Desk PPID Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Selain dengan melihat/mendownload langsung dari website dengan alamat URL :www.ppid.tanggamus.go.id

PEJABAT PENGELOLA INFORMASI

DAN DOKUMENTASI (PPID)

PEMERINTAH KABUPATEN TANGGAMUS,

dto

Drs. SABARUDDIN

Pembina Utama Muda

NIP. 19641010 199303 1 010